Setelah Idul Fitri…..

Setelah Idul Fitri…….,

Saya bertanya-tanya pada diri sendiri perjalanan seperti apa yang akan saya lampaui di tahun setelah Idul Fitri ini. Akankah perjalanan yang sama dengan tahun kemarin ataukah ada perubahan kehidupan ?

Selama perjalanan usia hingga hari ini sungguh saya merasakan segala keberkahan dan keberuntungan yang diberikan oleh Allah Sang Maha Pemberi. Hanya atas Rahman dan Rahim-Nya saya dapat menjadi seorang perempuan seperti sekarang ini.

Setelah Idul Fitri ini yang dapat saya lakukan adalah bersyukur dengan cara berkarya. Berkarya sebagai perempuan, ibu, istri dan berperan sebagai bagian dari masyarakat. Hidup bagi saya adalah gerakan, bergerak. Al Harokah Barokah………

Gerakan adalah karya. Maksudnya bukan membuat karya seni tetapi perilaku yang hasilnya (semoga) dapat bermanfaat bagi orang lain. Bagi seorang istri, karyanya minimal bisa dinikmati suami. Bagi seorang ibu, karyanya bisa dinikmati anak-anaknya. Bagi seorang perempuan, karyanya bisa dinikmati kaum perempuan lain maupun masyarakat yang lebih luas.  Karya yang dihasilkan menjadi berkah bagi makhluk Allah yang lain, bukan hanya manusia tetapi juga hewan, tumbuhan dan juga benda-benda yang ada di jagad raya ini. Berkarya juga membuat kita sehat jiwa raga.

Bersyukur dengan berkarya. Bahwa setiap kelebihan dan kekurangan yang ada pada kita memiliki potensi menghasilkan kebaikan. Apa saja yang bisa dilakukan ? Nyatanya, banyak sekali. Selama pola pikir kita positif maka tindak tanduk yang kita lakukan akan mengarah pada hal-hal positif. Perilaku positif akan mengarah pada sebuah kebaikan. Kebaikan akan menebar kedamaian.

Berkarya juga bisa negatif, jika karya tersebut lahir dari pikiran yang negatif. Misalnya, hobi kita ber-media sosial dengan menuliskan status-status yang negatif. Itu juga karya, tetapi bisa jadi memancing kebencian dan amarah sosial. Walaupun sekali-sekali perlu juga melontarkan kritik melalui media sosial atas peristiwa tertentu sebagai sebuah teguran atau peringatan.

Kembali pada berkarya, ini hanya sebuah tulisan kontemplatif yang sebenarnya saya tujukan pada diri sendiri walaupun mungkin,  bisa jadi (mudah-mudahan….pikiran GR saya saja sih :)) juga dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. Mari kita berkarya !

Salam, Asrilla Noor

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s