Perempuan Dan Keluarga bagian 1

Ada banyak sekali isu seputar keluarga. Bagaimana potret keluarga dalam masyarakat hari ini dan bagaimana hubungan antara satu anggota keluarga dengan anggota keluarga yang lain. Hubungan keluarga yang dimaksud bukan hanya antara anak dan orang tua melainkan hubungan dengan keluarga besar yang sudah mulai diabaikan. Dalam beberapa sinetron diceritakan adanya hubungan asmara antar keluarga karena sejak kecil tidak saling mengenal dan tidak saling dikenalkan. Padahal, keluarga adalah pilar tegaknya masyarakat. Kalau semua nafsi-nafsi, ya pilarnya jalan sendiri-sendiri. Akibatnya rontoklah masyarakatnya. Gampang diombang-ambing zaman, gampang kena tipu-tipu!
Bicara soal keluarga rasanya tidak afdol kalau belum membahas soal perempuan terlebih dahulu. Sebab, perempuan inilah yang menjadi punggawa utama dalam keluarga. Kenapa ? Karena hanya perempuan yang punya rahim dan bisa melahirkan keturunan manusia. Seberapapun canggihnya teknologi kloning, bayi tabung, atau teknik pembuahan lainnya hingga saat ini tetap membutuhkan rahim perempuan sebagai tempat pertumbuhan janin. Belum ada teknologi yang bisa mengalihtempatkan rahim ke dalam suatu alat tertentu. Proses hamil tetap membutuhkan perempuan!
Nah, bicara soal perempuan dan keluarga tentunya tidak bisa dipisahkan. Artinya, perempuan punya peran dan fungsi sangat penting dalam membangun keluarga dan melakukan penguatan keluarga di masyarakat. Kenapa keluarga harus kuat? Tentu saja agar masyarakat kuat. Jika masyarakat kuat, negara akan kuat dan sulit untuk direcoki oleh pihak asing dan aseng yang sekarang merajalela di bumi pertiwi. Artinya, perempuan juga punya peran dan fungsi yang tidak main-main di dalam masyarakat. Artinya, perempuan harus mampu memainkan peran-perannya baik dalam keluarga maupun masyarakat. Bukan hanya seputar Dapur-Sumur-Kasur di rumah tetapi juga berkiprah sebagai figur dalam masyarakat.
Jadi, kalau kita ingin negara ini kuat ya perkuat dulu keluarganya. Berdayakan dulu perempuannya.
bersambung……
Salam,
Asrilla Noor
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s